Tuesday 6 September 2011

RA091331

Pagi ini tak sesejuk kemarin. Matahari bersinar sangat terang, membuat silau sepanjang perjalanan. Setelah setengah jam menyusuri jalanan, sampailah di parkiran arsitektur ITS yang sangat kusukai (because of orange). Sudah banyak yang datang ternyata.

Detik demi detik berlalu, kami menunggu dosen dengan cemas karena kata senior, dosen mata kuliah yang satu ini orangnya killer.
Kode mata kuliah : RA091331
Mata kuliah          : Perancangan Arsitektur 1
Dosen                  : Pak Salatoen! hohoho.

Akhirnya orang yang ditunggu-tunggu tiba. Tanpa suara, beliau masuk dan meletakkan buku-buku dan laptopnya di meja. Dua menit berlalu tanpa suara. Tak satu pun dari kami bersuara, begitu pun dengan beliau. Wajah kami tegang.

"...Perancangan arsitektur itu mata kuliah paling medeni. Tidak boleh tidak lulus..." begitu salah satu wejangan beliau. Wow, sangar. Belum apa-apa udah bilang paling mendeni, ckckck. Selain itu, kata beliau, perancangan arsitektur adalah komulasi berbagai macam mata kuliah di arsitektur. Jadi, berbagai hal yang kita pelajari di mata kuliah lain akan digunakan pada mata kuliah ini.

Sehabis kuliah singkat, beliau mengambil "sample darah" kami (begitu beliau menyebutnya). Kami diberi kertas dan diberi kesempatan selama satu jam untuk mendeskripsikan apa yang kami ketahui tentang arsitektur, apa bedanya arsitektur dan bukan arsitektur, serta membuat sketsa tentang hal yang berhubungan dengan arsitektur.
Cukup melelahkan (tanganku sampai kram, entah kenapa), tapi kali ini tak seperti kemarin. Hari ini mood lagi bagus, jadi bisa mengerjakan dengan senang meskipun nggak selesai. hehehe.

Setelah menuliskan deskripsi pribadi tentang arsitektur, kami disuguhi puluhan slide mengenai apa itu perancangan arsitektur seta membagi kami dalam beberapa kelompok asistensi yang mana setia kelompok akan dibimbing oleh satu dose pembimbing. Dosen pembimbingku adalah Pak Johanes Kristianto. Aku belum bertemu dengan beliau sebelumnya tapi kalau dilihat dari fotonya di buku saku arsi, nampaknya orangnya baik, hoho. Semoga saja...


Pelajaran hari ini:

Perancangan arsitektur mengutamakan tampilan artistik, karena itu orientasinya adalah estetika.

Kalau mau belajar arsitektur, syaratnya ada tiga. Pertama, perhatian atas objek rancangan di sekitar kita. Kedua, perhatian atas objek arsitektur. Yang ketiga, pernah menata objek rupa estetik.


Objek/benda rancangan pasti memiliki maksud dan tujuan, seni dan estetika, serta citra.

Benda memiliki arti bila memiliki ciri visual, karakteristik, dan metode/teknik.


quote of the day:

Jangan mengerjakan tugas untuk menggugurkan kewajiban, itu tidak lain adalah bekal untuk kalian.
~ Pak Salatoen ~

No comments:

Post a Comment